Peringati 14 Tahun Gempa Yogya, BPBD Nyalakan Sirine di Pantai Selatan

Peringati 14 Tahun Gempa Yogya, BPBD Nyalakan Sirine di Pantai Selatan

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Tubuh Pengendalian Musibah Wilayah (BPBD) Kabupaten Bantul menghidupkan sirine di teritori pantai Selatan. Hal tersebut untuk kembali kenang berlangsungnya gempa memiliki kekuatan 5,9 Rasio Richter (SR) yang mengguncangkan DIY, terutamanya Kabupaten Bantul pada 27 Mei 2006 kemarin.

“Tidak ada peringatan spesial, cuma barusan jam 10 pagi eksperimen sirine saja di selama pantai selatan Bantul untuk kembali kenang insiden yang berlangsung 14 tahun kemarin,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, Rabu (27/5/2020).

Dwi ungkap dari data BPBD Bantul jumlah korban wafat di daerah Bantul karena gempa itu capai 4.143 korban jiwa. Selanjutnya untuk jumlah rumah yang rusak keseluruhan ada 71.763, rusak berat 71.372 serta rusak mudah 66.359 rumah.

Baca juga : Buru-buru ke Liverpool atau MU, Nasib Sancho Bisa seperti Jovic

Karenanya, ia ajak warga untuk tingkatkan kesiagaan akan berlangsungnya musibah alam.

“Kami mengharap 14 tahun ini warga makin arif menanggapi situasi alam. Disamping itu kita harus tingkatkan kekuatan menyesuaikan serta mitigasi berkaitan intimidasi musibah gempa bumi, sebab kita kan tinggal di wilayah riskan musibah,” sebut Dwi.