Jokowi: Tadi Pagi Tren R0 Jakarta Sudah di Bawah 1, Perlu Ditekan Terus

Jokowi: Tadi Pagi Tren R0 Jakarta Sudah di Bawah 1, Perlu Ditekan Terus

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan data R0 atau angka reproduksi/tingkat penyebaran awal virus Corona di DKI Jakarta telah turun. Pagi barusan, kata Jokowi, R0 di DKI Jakarta telah di bawah 1.

“Saya lihat data paling akhir barusan pagi trend untuk R0 atau Rt untuk DKI Jakarta telah di bawah 1 hingga ini perlu terus kita pencet supaya semakin turun lagi,” kata Jokowi di pertemuan terbatas yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5/2020).

Karenanya, Jokowi minta Gugus Pekerjaan Pemercepatan Perlakuan COVID-19 serta beberapa menteri untuk mengatur arus balik. Menurut dia, hal tersebut perlu dikerjakan supaya tidak menimbulkan gelombang ke-2 epidemi virus Corona.

Baca juga : Peringati 14 Tahun Gempa Yogya, BPBD Nyalakan Sirine di Pantai Selatan

“Ini penting untuk kita kontrol supaya tidak ada perputaran bolak-balik dalam penebaran virus yang mempunyai potensi untuk menimbulkan gelombang yang ke-2, intinya di daerah Jabodetabek,” katanya.

Selanjutnya, Jokowi minta korps-nya untuk konsentrasi pada propinsi yang tambahan masalah baru positif COVID-19 di wilayahnya masih tinggi. Khususnya propinsi di daerah Jawa.

“Di Jawa khususnya supaya dibantu diberi suport penuh untuk propinsi Jawa Timur khususnya yang terkait dengan persiapan rumah sakit referensi serta rumah sakit daruratnya, ini Pak Menteri Kesehatan Ketua Gugus Pekerjaan benar-benar saya meminta Jawa Timur jadi perhatian,” kata Jokowi.