Beri Bantuan Sembako, Ketua MPR Ajak Jurnalis Tangkal Berita Hoax

Beri Bantuan Sembako, Ketua MPR Ajak Jurnalis Tangkal Berita Hoax

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberi pertolongan paket sembako pada beberapa jurnalis yang diberi lewat posko Perduli Jurnalis. Mengenai pertolongan yang diberi berbentuk beberapa ratus paket sembako, beberapa ratus dus mie instan, beberapa ratus ekor ayam beku, 1 dus vitamin serta 2 dus hand sanitizer.

Bekas Ketua DPR ini mengutarakan sama dengan dokter atau tenaga kesehatan, wartawan adalah salah satunya karier yang rawan terkena virus COVID-19. Karena, di waktu seseorang dapat kerja di rumah, wartawan tetap harus berkeliling-keliling serta berjumpa beberapa orang agar bisa menyediakan kabar yang tepat ke warga.

“Tetapi, di lain sisi banyak teman-teman wartawan yang upahnya dipotong oleh perusahaan tempatnya kerja sebab terpengaruh epidemi COVID-19, ” papar Bamsoet dalam penjelasannya Minggu (17/5/2020).

Selanjutnya, Bamsoet memperingatkan beberapa wartawan mempunyai keharusan untuk mengemukakan kabar tepat berkaitan perubahan epidemi COVID-19. Ini karena sekarang ini info tentang COVID-19 jadi info yang peka serta riskan menyulut kecemasan di warga.

“Karena itu, semua bentuk penebaran kabar hoaks benar-benar tidak dibetulkan. Jadi tanggungjawab kita bersama-sama untuk mencegah dan tidak menebarkan kabar hoaks, ” tegas Bamsoet.

Baca juga : Janda yang Ditemukan Setengah Bugil Diduga Diperkosa dan Dianiaya Hingga Tewas

Bekas wartawan ini sayangkan tren penebaran kabar hoaks yang terus bertambah. Berdasar data Kementerian Komunikasi serta Informatika sampai akhir bulan April 2020, kabar hoaks berkaitan epidemi Covid-19 telah lebih dari pada 600 kabar.

“Penebaran kabar hoaks epidemi COVID-19 harus disetop. Aparat penegak hukum harus menginvestigasi serta tindak tegas aktor penebaran kabar hoaks. Pemerintah pusat serta wilayah harus juga makin intensif mendidik warga tentang info Covid-19 dan jaga komunikasi publik yang mendalam buat mencegah kabar hoaks yang terus tersebar, ” tandas Bamsoet.

Untuk info, pertolongan ini diterima langsung oleh Ketua Pergerakan Perduli Jurnalis, Andy Arief. Ada juga Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad pada pekerjaan itu. Pergerakan Perduli Jurnalis diinisiasi oleh beberapa wartawan selingan, buat mengumpulkan pertolongan untuk dialirkan pada wartawan mandiri, terutamanya yang mengulas dunia selingan.

Pertolongan tiba dari beberapa golongan, baik perseorangan atau perusahaan. Beberapa nama yang sudah memberi pertolongan diantaranya bekas Menteri Agraria serta Kepala Tubuh Pertahanan Nasional Ferry Musyidan Baldan, Pengamat Musik Bens Leo, aktris vokalis Nia Daniati, Lola Amaria, Kowani, serta masih banyak.