Pemprov Aceh Tetapkan Tanggap Darurat Corona Sampai 29 Mei

Pemprov Aceh Tetapkan Tanggap Darurat Corona Sampai 29 Mei

– Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memutuskan status responsif genting rasio propinsi untuk mengatasi wabah Corona. Status genting itu berlaku sepanjang 71 hari semenjak 20 Maret sampai 29 Mei akan datang.

” Seiring waktu berjalan serta bertambahnya eskalasi prevalensi pandemik baik berbentuk jumlahnya Orang Dalam Pengamatan (ODP) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Aceh, hingga penentuan status waspada genting musibah non-alam penebaran Covid-19 yang diputuskan pada 17 Meret 2020 butuh dinaikkan jadi status responsif genting, ” kata Kepala Biro Humas serta Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto dalam penjelasannya, Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, alasan tingkatkan status jadi responsif genting propinsi itu sebab penebaran Corona terus bertambah di Tanah Rencong. Disamping itu, penentuan status genting itu mengacu Ketetapan Kepala Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB).

Berdasar surat gubernur itu pada 20 Maret lantas itu disebut, penentuan status responsif genting meliputi penjagaan penebaran Covid-19, pemercepatan perlakuan Covid-19, serta persiapan dan potensi dalam menahan, mengetahui, serta memberi respon pada Covid-19.

Baca juga : Ini Cerita Polisi Soal Pembubaran Hajatan Nikahan di Mojokerto yang Viral

Iswanto menerangkan, dalam surat itu disebut penentuan status responsif genting rasio propinsi Covid-19 di Aceh akan berjalan sepanjang 71 hari, semenjak 20 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020. Status ini bisa diperpendek atau diperpanjang sesuai penerapan perlakuan genting musibah nonalam.

Menurut dia, pemerintah Aceh terus berusaha optimal dalam pemercepatan penanggulangan penebaran Covid-19. Disamping itu, Pemerintah Aceh mengharap semua kabupaten/kota ikut lakukan hal sama dengan mengaplikasikan beberapa langkah penanggulangan.

” Insya Allah ini jadi dasar buat kabupaten kota untuk ambil beberapa langkah terarah dalam penanggulangan virus Corona di Aceh, ” papar Iswanto.