Banjir Surabaya Surut Tak Lebih 3 Jam, Ini Penyebabnya

Banjir Surabaya Surut Tak Lebih 3 Jam, Ini Penyebabnya

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Hujan lebat dibarengi petir menempa Kota Surabaya, Rabu (15/1) sore. Hujan sepanjang kira-kira satu jam sempat membuat 32 titik daerah Surabaya banjir. Tetapi air cepat surut tidak lebih 3 jam.

Salah satunya tempat sebagai berlangganan banjir yaitu lokasi Darmo Park. Lokasi itu banjir sampai merendam beberapa puluh mobil dan motor.

“Tempo hari hujan mulai jam 16.00 WIB sampai jam 17.15 WIB. Serta jam 18.30 WIB lokasi Vida (Darmo Park) telah surut,” kata Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Cristijanto waktu konfirmasi, Kamis (16/1/2020).

Eddy pastikan banjir yang menempa beberapa daerah Kota Surabaya, tidak masuk ke pemukiman masyarakat. Banjir cuma menempa jalanan Kota Surabaya.

Baca juga : Bangganya Messi Jadi Pencetak Gol Terbanyak LaLiga Sepanjang Masa

“Jadi curah hujan tempo hari itu termasuk deras 100 ml/detik /hari, serta itu tempo hari hujannya sepanjang hampir 1,5 jam. Jadi jika hitung-hitungan saya, dengan 100 ml/detik itu dalam tempo 1,5 jam itu tiap mtr. persegi, ada seputar 36 kubik air yang jatuh ke bumi. Hujannya memang tidak berlebihan, hanya lama 1,5 jam,” tutur Eddy.

Edi mengaku, surutnya banjir secara cepat diantaranya sebab rumah pompa yang berperan normal. Disamping itu perawatan drainase dikerjakan dengan periodik.

“Tidak hanya rumah pompa, saluran-saluran kita relatif normal tidak ada kendala meskipun beberapa titik yang berlangsung kubangan, kita lihat yang dilewati air ada banyak sampah. Sampah yang dibuang oleh warga asal-asalan dari mobil itu masih kita dapatkan. Seperti botol, tas kemresek serta batu. Tetapi sesudah kita membersihkan sesudahnya langsung banjirnya surut,” imbuhnya.

Walau demikian, sekarang Pemkot Surabaya terus lakukan pengamatan periodik di beberapa rumah pompa serta drainase seperti gorong-gorong.