Pamit Undur dari Kemenag, Lukman Hakim Saifuddin Titip 3 Pesan Ini

Pamit Undur dari Kemenag, Lukman Hakim Saifuddin Titip 3 Pesan Ini

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ini hari, Senin 21 Oktober 2019 mengemukakan kata pamit pada barisan pegawai di Kemenag. Ada tiga pesan ia berikan.

Sudah diketahui, pada Minggu tempo hari waktu periode pertama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla selesai. Sekarang Jokowi jadi Presiden RI di periode ke 2, 2019 – 2024. Ini hari Jokowi menyebut beberapa orang yang disebutkan akan jadi calon menteri Jokowi 2019 sampai 2024. Lukman sebagai Menag di periode I kabinet Jokowi-JK juga mengemukakan kata pamit serta pesan. Kata pamit itu dikatakan Lukman lewat WhatsApp Group.

“Ada awal. Ada akhir. Tenun kebersamaan yang kita pintal. Mudah-mudahan terus terajut tanpa selesai,” kata Lukman memulai pesannya seperti info tercatat yang diterima detikcom ini hari.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan itu juga mengemukakan terima kasih atas kerja sama serta kebersamaan dalam membuat Kementerian Agama yang layani umat. Ia merasakan tidak pernah kerja sendiri atau dibiarkan oleh barisan Kemenag sat kerja.

“Saya benar-benar mengucapkan syukur dibarengi sejawat yang memiliki komitmen serta berdedikasi sangat kuat,” katanya.

Ada tiga pesan Menag Lukman Hakim Saifuddin pada keluarga besar Kementerian Agama. Ia mengharap pesan itu selalu dijaga, dirawat, serta ditingkatkan. Pertama, intensifkan pengamalan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. Ke-2, kuatkan pengarusutamaan moderasi beragama. “Ke-3, rawatlah kebersamaan ditengah-tengah kemajemukan bangsa,” kata Lukman.

Di bawah ini pesan komplet lengkap Lukman pada Keluarga Kementerian Agama:

Saudaraku seluruh anggota Keluarga Besar Kementerian Agama,

Ada awal

Ada akhir

Tenun kebersamaan yang kita pintal

Mudah-mudahan terus terajut tanpa selesai..

Baca juga : Jelang Demo Mahasiswa, Jalan di Sekitar Istana Ditutup

Lebih 5 tahun kita lalui kebersamaan layani umat beragama. Ada duka, makin banyak senang. Karunia, karunia, ujianNya, mudah-mudahan terpetik hikmah darinya.

Saya benar-benar mengucapkan syukur serta mengucapkan terima kasih pada saudara semua yang sudah memberi yang paling baik dalam kebersamaan kita menyebar karunia, membuat Kemenag layani umat. Saya tidak pernah merasakan sendiri walaupun sekejap. Saya benar-benar mengucapkan syukur dibarengi sejawat yang memiliki komitmen serta berdedikasi sangat kuat.

Saya juga meminta maaf sebesarnya. Banyak perkataan, tindakan, serta ketentuan saya sepanjang kebersamaan kita yang bisa jadi tidak pada tempatnya. saya bermohon maaf atas jumlahnya keinginan serta harapan saudara atas diri saya yang tidak segera terjadi serta ditindaklajuti jadi riil. Minta maaf atas sangat banyak kekhilafan, kekurangan, serta terbatasnya diri ini dalam hubungan kita.

Saudaraku,

Seterusnya saya minta undur diri dari Kementerian Agama, pasti dari group whatsapp ini. Saya menitipkan 3 hal untuk selalu dijaga, dirawat, serta ditingkatkan dimana juga saudara ada.

Pertama; intensifkan pengamalan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama.

Ke-2; kuatkan pengarusutamaan moderasi beragama.

Ke-3; rawatlah kebersamaan ditengah-tengah kemajemukan bangsa.

Mudah-mudahan kebersamaan makin memperkuat persaudaraan kita.

Pada akhirnya,

Silahkan kita tidak cuma menaruh masa lalu kebersamaan sampai kini di hati, sebab hati dapat beralih-alih dengan kodrati. Silahkan taruhlah dia di doa kita, karena doa tertera di langitNya untuk selama-lamanya.

Masih serta terus menyebar kedamaian.

Pada siapa juga.

Dimana juga.

Kapan juga.

Mudah-mudahan salam, karunia, serta berkahNya

Selalu tercurah pada kita..

Saudaramu,

Lukman Hakim Saifuddin

21 Oktober 2019

Lukman Hakim Saifuddin sebelum di kabinet Jokowi-JK sempat juga jadi menteri agama di ujung waktu jabatan Presiden SBY-Boediono tahun 2014.