93 Orang Jadi Tersangka Rusuh Papua, Belasan Orang Segera Disidangkan

93 Orang Jadi Tersangka Rusuh Papua, Belasan Orang Segera Disidangkan

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun– Keseluruhan ada 93 terduga keonaran di beberapa daerah di Papua. Berkas masalah belasan terduga telah komplet serta selekasnya disidangkan.

“Polda Papua sudah memutuskan sekitar 93 orang jadi terduga berkaitan keonaran di Kota Jayapura, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Mimika, serta Kabupaten Jayawijaya dan pembakaran kios-kios di Kabupaten Pegunungan Bintang,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam info tercatat, Kamis (10/10/2019).

Beberapa terduga dijaring dengan Klausal 170 ayat (1) KUHPidana tentang tindak pidana kekerasan pada orang/barang dengan bersama; tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam Klausal 365 KUHPidana.

Selanjutnya tindak pidana pembakaran dalam Klausal 187 KUHPidana; tindak pidana di depan umum dengan lisan/tulisan menghasut agar lakukan suatu hal tindakan yang bisa diberi hukuman seperti disebut dalam Klausal 160 KUHPidana.

Dan tindak pidana bawa senjata tajam tanpa ada izin seperti disebut dalam Klausal 1 UU Genting No. 12 Tahun 1951.

“Sekarang pasukan TNI-Polri tetap ada di Papua Untuk jaga kondisi kamtibmas masih aman serta Aman,” sambung Kamal.

Baca juga : Messi Kangen Bersaing dengan Ronaldo

Di bawah ini perlakuan masalah gaduh di daerah Papua:

1. Kabupaten Mimika

Polres Mimika memutuskan 10 terduga, yaitu TM, YG, RW, MG, MSY, ED, UJ, LK, TW, serta NW. Mereka terjebak dalam tindakan anarkistis waktu demonstrasi di kantor DPRD Mimika pada 21 Agustus 2019.

Berkaitan gaduh ini, 3 anggota terluka serta beberapa kendaraan dirusak. Sekarang berkas masalah 8 terduga telah dilimpahkan ke Kejari Timika.

2. Kabupaten Deiyai

Polres Paniai memutuskan 14 terduga dengan inisial YA, SP, MB, GT, SE ,YI , YK, SP, MM, SG, JB, AP, JP, serta AD. Beberapa terduga terjebak keonaran di halaman kantor Bupati Deiyai.

Sekarang berkas masalah ke-9 terduga telah pada pelimpahan step I ke Kejaksaan Negeri Nabire.

3. Kota Jayapura

Ada 29 terduga berkaitan gaduh demonstrasi di Jayapura. Beberapa terduga mengakibatkan kerusakan serta membakar sarana pemerintah dan sarana umum.

4. Expo Waena, Jayapura

Polda Papua memutuskan 20 terduga berkaitan demonstrasi berbuntut gaduh pada Senin, 23 September.

Karena insiden itu, satu anggota TNI wafat serta 6 anggota Brimob alami beberapa luka.

Tujuh orang terduga yang disebut aktivis KNPB itu sudah dipindahkan ke Polda Kalimantan Timur sebab kondisi keamanan di Papua. Mengenai beberapa nama aktivis itu, yaitu BT, AK, FK, AG, SI, HH, serta IU.

5. Kabupaten Jayawijaya

Polisi memutuskan 14 terduga berkaitan demonstrasi berbuntut gaduh di Wamena, 23 September 2019. Dari 14 terduga itu 12 orang sudah ditahan serta 2 orang masih buron.

6. Kabupaten Pegunungan Bintang

Ada 6 orang yang diputuskan jadi terduga berkaitan perusakan serta pembakaran kios di Oksibil, Pegunungan Bintang Papua. Sekarang penyidik Polres Pegunungan Bintang masih lakukan kontrol saksi-saksi untuk lengkapi berkas masalah.