Selain Tol Jakarta-Cikampek, Waspadai Macet Jalur Pantura-Bekasi

Selain Tol Jakarta-Cikampek, Waspadai Macet Jalur Pantura-Bekasi

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun – Jalan mudik Lebaran yang riskan macet tidak cuma di ruas tol Jakarta–Cikampek yang sedang ada pembangunan konstruksi jalan tol atas, dan juga di ruas jalan arteri atau jalan pantai utara (pantura) Bekasi. Kekuatan kemacetan sepanjang arus mudik serta balik Lebaran 2019 ini bukan sekedar imbas dari pemberlakuan one way atau arus satu arah di ruas tol Jakarta–Cikampek, dan juga ada unsur lain.

“Di jalan pantura daerah kami, memang masih didapati masalah jalan yang bisa menghalangi beberapa pemudik,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna di Bekasi, Jawa barat, tempo hari. Masalah itu seperti fasilitas infrastrukturnya atau keadaan jalan yang ada lubang atau rusaknya jalan.

Seterusnya, pasar tumpah di lima titik di jalan pantura, salah satunya pasar tumpah di Tambun, Cibitung, Pasar Lama, Sentral Grosir Cikarang (SGC), serta Lemahabang. Ditambah lagi di sejumlah ruas jalan mudik di daerah ditempat, masih ada perlintasan kereta api sebidang. “Keberadaan perlintasan ini malah menghalangi kecepatan pengendara motor di jalan pantura,” tuturnya.

Diluar itu, faksinya menyalahkan masalah kurangnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Gatot Subroto serta di Kali Ulu. Kurangnya PJU di kuatirkan dapat turunkan tingkat kesiagaan pemudik waktu berkendara.

Karena itu, ia menekan supaya lembaga berkaitan dapat mengatasi masalah itu, hingga kekuatan masalah jalan di jalan mudik dapat didesak seminimal mungkin. “Kita berharap dapat selekasnya diatasi, sebab perkiraan kita pucuk arus mudik di Kabupaten Bekasi berlangsung pada H-3 atau 2 Juni serta arus balik H+3 atau 8 Juni,” tegasnya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Cecep Supriadi meramalkan sepanjang musim mudik akan berlangsung kemacetan di jalan pantura Bekasi. Kemacetan itu dipacu karena terdapatnya pemberlakuan skema satu arah di ruas tol Jakarta–Cikampek. “Peningkatan kendaraan sekitar 30% di jalan arteri,” tuturnya.

Menurut dia, dari Km 29 GT Cikarang Utama–Km 262 GT Brebes Barat akan diresmikan searah ke bagian timur pada 30 Mei–2 Juni akan datang sepanjang 24 jam. Kebijaksanaan ini membuat pengendara dari arah timur beralih ke jalan arteri ke arah arah barat. Sebaliknya pada 8–10 Juni, dari Km 188 GT Palimanan–Km 29 GT Cikarang Penting akan diresmikan searah ke arah barat.

Baca Juga : Moses dan Lukaku, Bidikan Pertama Conte jika Resmi ke Inter

Kebijaksanaan ini membuat pengendara dari arah barat ke arah timur beralih ke jalan arteri ke arah arah timur. Untuk membuat lancar jalan arteri atau jalan pantura di daerah ditempat, Dinas Perhubungan Bekasi akan tutup tempat putaran balik. Tertera ada 98 putaran balik kendaraan di selama jalan pantura di Kabupaten Bekasi.

Cecep menerangkan, putaran balik itu ada di 12 jalan mudik di jalan pantura. Mengenai 12 titi jalan mudik itu ialah Jalan Diponegoro, Jalan Sultan Hasanudin, Jalan Raya Teuku Umar, Jalan Raya Imam Bonjol, Jalan Raya Fatahillah, Jalan H. Oemar Said Cokroaminoto, Jalan Yos Sudarso, Jalan Gatot Subroto, Jalan RE Martadinata, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Raya Rengas Bandung, serta Jalan Raya Pacing Bekasi.

Sedang untuk jalan mudik, di Jalan Raya Peninjauan Kalimalang tidak ada putaran balik kendaraan sebab ruas jalannya cuma ada dua jalan. “Kebanyakan melewati lewat Kalimalang,” tegasnya. Selain itu, aplikasi satu arah di jalan tol Trans-Jawa akan dikerjakan bila pada jalan tol berlangsung kendala.

“Kami kelak laporan ke Kakorlantas. Prosesnya dari Dirlantas Polda Jawa barat serta Jateng. Jika mungkin Jawa timur memberikan laporan kondisi tol arusnya seperti apa, ada persoalan ataukah tidak, kami adukan. Kelak ditetapkan oleh Kakorlantas mulai darimanakah one way dikerjakan,” tutur Dirlantas Polda Jawa barat Kombes Pol M Aris.

Ia tidak mengingkari akan berlangsung kendala di jalan nontol atau arteri jadi imbas dari pemberlakuan satu arah. Tetapi demikian, ia memperjelas barisan Ditlantas Polda Jawa barat sudah mempersiapkan beberapa pola untuk merusak kemacetan di jalan nontol.

“Jalur nontol, insyaallah waktu one way di tol di pantura cukup terganggu. Kami sediakan pospam serta service di selama jalan mudik pantura. Bahkan juga, rest ruang di pantura telah disediakan semua. Kamu kerja sama juga dengan lembaga pemda serta propinsi,” katanya.