Cawapres Santri Dinilai Bisa Bantu Posisi Jokowi yang Belum Aman

Cawapres Santri Dinilai Bisa Bantu Posisi Jokowi yang Belum Aman

Bandar Q, Agen QQ, Bandar Qiu Qiu, Domino QQ, Capsa Susun – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sudah mengantongi bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampinginya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Minggu (9/7/2018) malam. Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing menilai, sosok cawapres yang cocok untuk Jokowi adalah kalangan santri.

“Tetapi jangan diartikan kalangan santri dari partai religius saja, karena santri itu ada di Golkar, di PDIP, santri juga ada di luar partai. Tetapi tidak sekadar santri, santri yang moderat, menjunjung tinggi perbedaan,” kata Emrus saat di hubungi SINDOnews, Senin (9/7/2018).

Baca Juga : Komisi III DPR Sebut Persiapan Pengamanan Asian Games Maksimal

Selain itu, cawapres tersebut juga harus bisa menaikkan elektabilitas Jokowi. Karena menurut Emrus, dari hasil survei secara statistik elektabilitas Jokowi belum aman.

“Karena surveinya di bawah 50 persen sekalipun dia tetap tertinggi dari kandidat lain tetapi seacara statistik belum aman, tingkat survei aman harus di atas 70 persen kalau bisa kebih. Oleh karena itulah calon yang mendampingi jokowi harus bisa mendongkrak elektabilitas pada pilpres yang akan datang,” jelasnya.

Emrus juga menyebut semakin dekat pada pengusulan calon presiden dan wakil presiden, semakin mengkristal juga nama pasangannya. Tetapi yang pasti kristalisasi ini pastinya akan tertuju pada satu orang.

“Nah apakah satu orang itu sudah memang ada di kantong Pak Jokowi? sulit dikatakan. Hanya Tuhan dan Pak Jokowi yang tahu,” ujarnya.